PEMANFAATAN KOMPUTER DALAM BIDANG
OLAHRAGA
Disusunoleh :
Eti Sugianti
I B Karyawan
Jurusan PJKR – Universitas Galuh CIAMIS
PENDAHULUAN
1.1 LatarBelakang
Tanpa
kita sadari, computer telah berperan di
masyarakat. Hal ini berlaku di Negara maju maupun di negara yang sedang
berkembang. Komputer sebenarnya tidak berbeda dengan produk tekhnologi lainnya
seperti kereta api, pesawat terbang, mobil, televise, dan lain sebagainya. Hal
yang membedakan computer dengan produk lainnya adalah kemampuannya untuk dapat
deprogram guna melaksanakan berbagai macam tugas dengan kecepatan dan
ketelitian yang tinggi.
Olahraga
adalah bidang yang tidak luput dari pemanfaatan ilmu komputer. Peralatan olahraga,
pengobatan, biomechanic, dan simulasi olahraga adalah salah satu contoh diantaranya.
Bahkan perlu diketahui bahwa hubungan antara ilmu computer dan olahraga ini sudah
ada sejak tahun 1960.
Perkembangan
media internet saat ini juga telah menjadi bagian dari pemanfaatan komputer di
bidang olahraga terutama dalam hal penyebaran informasi. Derasnya informasi
yang dapat diperoleh dengan mudah dari media internet, membuat teknologi informasi
yang satu ini sangat digemari oleh lapisan masyarakat, baik masyarakat umum,
pelajar, mahasiswa, maupun praktisi. Semua informasi dunia luar maupun dalam negeri
khususnya informasi olahraga dapat kita saksikan melalui layar monitor hanya pada
tempat dimana kita tinggal.
1.2 BatasanMasalah
Artikel
ini lebih focus pada penyebaran informasi atau berita mengenai olahraga melalui
media internet dan media cetak (Koran maupun majalah).
1.3 Tujuan
Penulisan
Artikel ini bertujuan untuk membandingkan penyebaran informasi mengenai olahraga
antara media internet dan media cetak.
A. Latar
Belakang Sejarah
Komputer
dalam olahraga digunakan untuk pertama kalinya pada tahun 1960, dimana ketika itu
hanya bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang olahraga. Database
kemudian diciptakan dan diperluas dalam rangka untuk memulai penyebaran dokumentasi
dan publikasi seperti artikel atau buku yang berisi mengenai ilmu pengetahuan
yang berhubungan dengan olahraga. Lalu hingga pertengahan 1970-an organisasi pertama
di bidang ini disebut IASI (Asosiasi Internasional untuk Informasi Olahraga)
resmididirikan. Kemudian pada tahun 1997 pertemuan internasional pertama antara
ilmu computer dalam olahraga diadakan di Cologne. Tujuan utama adalah untuk menyebarkan
aplikasi, ide, dan konsep penggunaan computer dalam olahraga.
a. PemanfaatanKomputer
di BidangOlahraga
Komputer
sampai saat ini telah berperan besar dalam perkembangan di bidang olahraga. Pemanfaatan
komputer di bidang olahraga diantaranya adalah :
·
Pelatihan dan pembinaan
·
Biomekanik
·
Peralatan olahraga dan
teknologi
·
Computer-aided aplikasi
(software, hardware) dalam olahraga
·
Ubiquitous komputasi
dalam olahraga
·
Multimedia dan Internet
·
Dokumentasi
·
Pendidikan
b. Pemanfaatan
Internet di BidangOlahraga
Pada
zaman dimana informasi sudah menjadi unsure dominan dalam kehidupan saat ini,
media massa memegan gperanan penting dalam menyebarkan dan menyampaikan informasi
kepada masyarakat, informasi yang
disampaikan kepada masyarakat dikemas melalui berita. Setiap hari masyarakat disuguhkan
dengan berbagai macam berita seperti berita olahraga ,baik dari luar negeri maupun
dari dalam negeri.
Media
Internet merupakan media audio visual, artinya media menampilkan gambar hidup dan
mempunyai suara sehingga menarik minat masyarakat. Tetapi berbagai media
internet lebih ke media visualnya saja. Berbeda dengan media elektronik, media
cetak hanya berupa tulisan dan gambar yang dicetak pada kertas tertentu.
Kabar
di dunia olahraga sangatlah beragam, khususnya pada bidang Sepak bola yang saat
ini sedang mendunia. Kabar tersebut sangatlah dibutuhkan oleh para pecinta
bola, siapapun para pecinta bola pasti ingin mendapatkan kabar informasi tentang
tim ataukabar lainnya yang disukai. Tentunya media internet ini menjadi jembatan
dimana pecinta bola ingin mendapatkan informasi sepak bola, kali ini di dalam artikel
akan dijelaskan dimana pemanfaatan komputer di bidan golahraga, yang di bantu
oleh media internet sebagai penerimaan informasi olah raga.
Goal.com
adalah salah satu media informasi olahraga yang saat ini digunakan para usia dini
sampai usia tua untuk mendapatkan kabar terbaru dari bidang olahraga khusunya sepak
bola luar negeri maupun dalam negeri. Dalam pemanfaatan komputerisasi ini para pencinta
sepakbola di manjakan oleh kabar-kabar terbaru, dimulai dari pemain-pemain baru
sampai ke hasil pertandingan sepak bola.
Dari
tampilan GUI Goal.com diatas dapat dilihat bahwa fitur-fitur yang didalamnya sangat
membantu para pecinta sepakbola untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas. Dengan
demikian pemanfaatan komputer di bidang olahraga menjadi popular pada saat ini,
dikarenakan banyak sekali kelebihan untuk mengakses informasi olah raga. Berikut
perbandingan antara penerimaan informasi dengan pemanfaatan computer dan media
cetak :
Pembanding
:
v Media
Internet
v Media
Cetak
·
Akses
Mudah
Lebih Mudah
·
Referensi
Banyak
Terbatas
·
Efesien
Efesien
Kurang efesien
·
Efektif
Efektif
Kurang efektif
·
Fleksibel
Sangat Fleksibel
Terbatas
Di
asumsikan bahwa populasi presentase pengguna internet di Indonseia adalah sebagian
besar memanfaatkan komputer di bidang olahraga dengan cara mencari informasi olahraga
di media internet. Sebagaimana dilansir oleh ANTARA News, bahwa Internet
menjadi platform berita paling popular ketiga di Amerika Serikat, di bawah siaran
televise daerah dan nasional di Negara itu, demikian survei Internet &
American Life Project dan Project for Excellence in Journalism, Pew Research
Center, Senin. Menurut survey itu, 78 persen dari 2.259 orang dewasa AS yang
dijaring oleh jajak pendapat itu, mengatakan bahwa pada hari biasa mereka mendapatkan
berita dari stasiun TV daerah. Lalu, 73 persen mengaku mendapatkan berita dari jaringan
televise nasional seperti CBS atau stasiun tv kabel semisal CNN atau Fox. 61
persen mengaku, di hari biasa, mereka mendapatkan berita dari laman berita Internet.
B. Pendapat
Kelompok
Kami
berpendapat bahwa pemanfaatan computer dalam bidang olahraga sampai saat ini terpopuler
dalam arti lain sering digunakan oleh para pengguna komputer. Dalam perkembangan
pemanfaatan computer dalam pencarian informasi masih digunakan secara rutin oleh
para masyarakat. Sehingga peranan komputer di dunia informasi sangatlah penting.
Banyak kelebihan yang didapat bila dibandingkan dengan media cetak, diantaranya
lebih banyak referensi berita.
C. Kesimpulan
Penggunaan
computer untuk mencari informasi di bidang olahraga sering dimanfaatkan oleh para
pecinta bola di tanah air. Sehingga tidak heran apabila para masyarakat luas sangat
antusias di bidang olahraga, seperti contoh para pendukung timnas sepak bola. Ketika
kabar persepak bolaan di tanah air sedang memanas, banyak masyarakat luas mengikuti
perkembangannya. Sehinnga dapat disimpulkan bahwa peranan computer sangat penting
di bidang informasi olahraga.
D. Saran
kesimpulan:
Hubungan
antara computer dan olahraga telah ada sejak tahun 1960 dan berlanjut hingga sekarang.
Telah banyak ilmu-ilmu komputer yang diterapkan dalam bidang olahraga dan organisasi-organisasi
national yang berkaitan dengan kedua bidang ini pun telah dibentuk. Peralatan olahraga,
simulasi, dan biomechanic telah menjadi bantuan untuk para atlet maupun pelatih
dalam meningkatkan prestasinya di bidang olahraga.
Selain
itu bagi penikmat olahraga perkembangan media internet juga telah menjadi keuntungan
dalam mendapatkan informasi dan berita-berita mengenai olahraga. Efektif, mudah
diakses, audio-visual, cepat, dan terperinci menjadi factor utama keuntungan penyebaran
informasi melalui media internet. Dengan tidak mengesampingkan media cetak,
penyebaran informasi olahraga melalui media internet telah menjadi alternative baru
bagi penikmat olahraga maupun atlet dalam hal mendapatkan informasi mengenai olahraga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar